Beranda | Artikel
Mengenal Kitab Shahih Bukhari - Bagian ke-4 - Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)
Rabu, 27 Mei 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Mengenal Kitab Shahih Bukhari (Bagian ke-4)

Al-Hafidz Ibnu Hajar rahimahullah menjelasakan di dalam muqadimah Shahih Bukhari menjelaskan tentang perbedaan antara Shahih Bukhari dengan Shahih Muslim. Ketika membicarakan tentang perbedaan Shahih Bukhari dan Shahih Muslim, beliau membewakan perkataan Imam Al-Hafidz Ibnu Sholah, yang mana beliau mengatakan bahwa Shahih Bukhari merupakan kitab yang paling shahih dan menunjukan juga kepada kekuatan hadits-hadits yang ada di dalam Shahih Bukhari dari sisi taharry dan tatsabbut. Maknanya adalah Imam Bukhari lebih hati-hati dan syarat-syarat dalam Shahih Bukhari lebih kuat daripada yang ada di dalam Shahih Muslim.

Hal ini menunjukan bahwa Shahih Bukhari itu lebih baik dari Shahih Muslim, kecuali beberapa ulama saja yang lebih mengedepankan Shahih Muslim. Karena Shahih Muslim dipandang lebih tertib dan rapi dalam membawakan hadits.

Al-Isma’ili di dalam kitab Al-Madkhhal berkata bahwa:

Simak penjelasan dari pembahasan mengenal kitab Shahih Bukhari dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Jangan lupa untuk ikut mengeshare link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/14017-mengenal-kitab-shahih-bukhari-bagian-ke-4-kitab-shahih-bukhari-ustadz-abu-yahya-badrusalam-lc/